Pengertian Badan Usaha Milik Daerah Beserta Jenis, Peran, dan Contohnya

Sobat, kali ini kita akan membahas tentang pengertian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sebagai seorang yang tertarik dengan topik ini, saya memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup luas mengenai BUMD. Mari kita mulai dengan memahami apa itu Badan Usaha Milik Daerah.

Pengertian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah jenis entitas bisnis yang dimiliki atau dikontrol oleh pemerintah daerah setempat. BUMD beroperasi di bawah pengawasan, pengelolaan, dan bimbingan pemerintah daerah. Ini berbeda dari jenis entitas bisnis lainnya seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). BUMD diatur oleh Undang-Undang Pemerintahan Daerah.

Jenis BUMD: Perusahaan Daerah dan Perseroan Terbatas

Di Indonesia, BUMD terdiri dari dua tipe utama, yaitu perusahaan daerah dan perseroan terbatas.

Perusahaan Daerah

Perusahaan daerah adalah jenis BUMD di mana seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah daerah setempat. Pada umumnya, perusahaan daerah berperan dalam mengelola industri atau sektor usaha tertentu yang strategis untuk daerah tersebut. Misalnya, perusahaan daerah air minum yang bertanggung jawab atas penyediaan air bersih di daerah tertentu.

Perseroan Terbatas

Perseroan terbatas adalah jenis BUMD di mana modalnya dibagi menjadi saham-saham dan paling sedikit 51% dimiliki oleh pemerintah daerah setempat. Perusahaan perseroan terbatas dimaksudkan untuk mengelola usaha yang berorientasi pada keuntungan dalam skala yang lebih besar. Contohnya adalah perusahaan transportasi umum yang dimiliki oleh pemerintah daerah.

Peran BUMD

BUMD memiliki peran penting dalam perekonomian lokal dan pembangunan daerah. Berikut ini adalah beberapa peran utama BUMD:

1. BUMD menyediakan barang dan jasa ekonomi yang tidak disediakan oleh pihak lain. Misalnya, perusahaan daerah air minum menyediakan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga dan industri di daerah tersebut.

2. BUMD membantu dalam pengembangan ekonomi lokal dan mendukung perencanaan ekonomi pemerintah daerah. Mereka berkontribusi dalam penggerak pertumbuhan dan pengembangan sektor usaha strategis dalam daerah.

3. BUMD mengelola sektor produksi dengan pemanfaatan sumber daya lokal untuk kepentingan publik. Mereka memainkan peran penting dalam memajukan sektor ekonomi di daerah dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

4. BUMD menciptakan peluang kerja dan mendorong perkembangan usaha kecil. Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, BUMD membuka lapangan pekerjaan baru yang bisa meningkatkan angka pengangguran dan membantu perkembangan usaha kecil di daerah.

Tata Kelola BUMD

Tata kelola BUMD tergantung pada jenis BUMD tersebut.

BUMD Non-Persero

BUMD non-persero dikelola melalui model pengelolaan sendiri, dengan pengawasan dan bimbingan dari pemerintah daerah. Meskipun dimiliki oleh pemerintah daerah, mereka diharapkan dapat beroperasi mandiri dan menghasilkan pendapatan tanpa tergantung pada subsidi pemerintah.

BUMD Persero

BUMD persero berada di bawah hukum Perseroan Terbatas dan pengelolaannya mengikuti prinsip-prinsip perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas. BUMD persero memiliki manajemen yang terstruktur dengan pemegang saham dari pemerintah daerah dan mungkin juga melibatkan mitra swasta sebagai pemegang saham minoritas.

Contoh BUMD di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa contoh BUMD di Indonesia:

Nama BUMD Sektor Usaha
Bank Pembangunan Daerah (BPD) Perbankan
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Penyediaan Air Minum
Perusahaan Daerah Angkutan Kota (Bus Kota) Transportasi Umum
Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PDRPH) Industri Peternakan
Trans Jakarta Transportasi Publik

Pertanyaan Umum tentang Pengertian Badan Usaha Milik Daerah

1. Apa itu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)?

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah jenis entitas bisnis yang dimiliki atau dikontrol oleh pemerintah daerah setempat.

2. Apa perbedaan antara BUMD dengan BUMN dan BUMS?

BUMD berbeda dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). BUMD dikontrol oleh pemerintah daerah, sedangkan BUMN dimiliki oleh pemerintah pusat. BUMS, di sisi lain, dimiliki oleh pihak swasta.

3. Apa jenis-jenis BUMD di Indonesia?

Di Indonesia, BUMD terdiri dari dua jenis utama, yaitu perusahaan daerah dan perseroan terbatas.

4. Apa perbedaan antara perusahaan daerah dan perseroan terbatas?

Perusahaan daerah dimiliki seluruhnya oleh pemerintah daerah, sedangkan perseroan terbatas memiliki modal yang dibagi menjadi saham-saham, dengan setidaknya 51% dimiliki oleh pemerintah daerah.

5. Apa peran BUMD dalam perekonomian lokal?

BUMD berperan penting dalam perekonomian lokal dengan menyediakan barang dan jasa ekonomi, mengembangkan sektor usaha strategis, dan menciptakan lapangan kerja.

6. Bagaimana tata kelola BUMD?

Tata kelola BUMD tergantung pada jenis BUMD tersebut. BUMD non-persero dikelola melalui model pengelolaan sendiri, sementara BUMD persero mengikuti prinsip-prinsip perusahaan berbentuk perseroan terbatas.

7. Apa contoh BUMD di Indonesia?

Contoh BUMD di Indonesia antara lain Bank Pembangunan Daerah (BPD), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Perusahaan Daerah Angkutan Kota (Bus Kota), Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PDRPH), dan Trans Jakarta.

8. Apa manfaat dari adanya BUMD?

Adanya BUMD memberikan manfaat seperti menyediakan barang dan jasa ekonomi yang tidak disediakan oleh pihak lain, menciptakan lapangan kerja, dan mendukung pembangunan ekonomi lokal.

9. Apakah BUMD dapat menghasilkan keuntungan?

Ya, BUMD dapat menghasilkan keuntungan melalui kegiatan bisnis yang dijalankannya. Keuntungan yang dihasilkan kemudian dapat digunakan untuk membiayai pengelolaan pemerintah daerah dan program pembangunan yang lainnya.

10. Bagaimana saya bisa mendirikan BUMD?

Proses pendirian BUMD melibatkan proses hukum tertentu dan perizinan dari pemerintah daerah setempat. Anda dapat menghubungi instansi pemerintah terkait atau mencari bantuan dari ahli hukum atau konsultan bisnis untuk memulai pendirian BUMD.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah entitas bisnis yang dimiliki atau dikendalikan oleh pemerintah daerah. BUMD dapat berbentuk perusahaan daerah atau perseroan terbatas. BUMD memainkan peran penting dalam mengembangkan perekonomian lokal, menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan, serta menciptakan lapangan kerja. Tata kelola BUMD berbeda tergantung pada jenisnya, dengan BUMD non-persero dikelola melalui model pengelolaan sendiri dan BUMD persero mengikuti prinsip perusahaan tertentu.

Sekarang, Sobat telah mempelajari pengertian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) beserta jenis, peran, dan contohnya. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang topik lain yang menarik, jangan ragu untuk membaca artikel lain yang tersedia di situs ini.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga penjelasan mengenai pengertian Badan Usaha Milik Daerah bermanfaat bagi Anda!

You May Also Like

About the Author: administrator