Pengertian Jerapah: Makhluk yang Menakjubkan dalam Dunia Satwa







Pengertian Jerapah

Sobat, tahukah kamu apa itu jerapah? Jerapah merupakan mamalia berkuku genap endemik Afrika yang hidup di darat. Mereka adalah hewan tertinggi yang ada di dunia ini. Jerapah memiliki sembilan subspesies yang dibedakan berdasarkan perbedaan warna dan variasi pola pada tubuhnya. Mereka sering kali memukau kita dengan keelokan dan keanggunan mereka.

Subspesies Jerapah

Jerapah Somalia

Jerapah Somalia memiliki ciri khas bercak berwarna coklat muda kemerah-merahan yang dikelilingi oleh garis berwarna putih terang, membentuk pola poligon seperti jala yang besar-besar. Habitat dari jerapah Somalia terletak di timur laut Kenya, Ethiopia, dan Somalia.

Jerapah Angola

Jerapah Angola memiliki bercak yang berukuran besar dan kecil secara tidak teratur. Mereka menghuni habitat di Angola dan Zambia.

Jerapah Kordofan

Jerapah Kordofan memiliki bercak yang berukuran kecil dan tidak teratur, yang juga terdapat pada kaki bagian dalam mereka. Mereka biasa ditemui di Sudan bagian barat dan barat daya.

Jerapah Masai atau Jerapah Kilimanjaro

Jerapah Masai atau Jerapah Kilimanjaro memiliki bercak yang berbentuk seperti daun anggur, berwarna coklat tua dengan pinggiran yang tidak rata, dikelilingi oleh garis berwarna kekuningan. Habitat mereka terdapat di Kenya bagian tengah dan selatan, serta Tanzania.

Jerapah Nubia

Jerapah Nubia memiliki bercak berbentuk hampir persegi empat, berwarna coklat terang di atas dasar berwarna krem. Mereka hidup di bagian timur Sudan dan timur laut Kongo.

Jerapah Rothschild

Jerapah Rothschild memiliki bercak berbentuk persegi empat dengan gradiasi warna latar berwarna krem di bagian pinggir. Habitat mereka meliputi Uganda, Kenya bagian tengah, dan timur.

Detail Subspesies Jerapah

Jerapah Bercak Habitat
Jerapah Somalia Bercak berwarna coklat muda kemerah-merahan dengan garis putih terang Timur laut Kenya, Ethiopia, Somalia
Jerapah Angola Bercak berukuran besar dan kecil secara tidak teratur Angola, Zambia
Jerapah Kordofan Bercak berukuran kecil dan tidak teratur, juga pada kaki bagian dalam Sudan bagian barat dan barat daya
Jerapah Masai atau Jerapah Kilimanjaro Bercak berbentuk daun anggur dengan pinggiran tidak rata, berwarna coklat tua dengan garis kekuningan Kenya bagian tengah dan selatan, Tanzania
Jerapah Nubia Bercak hampir persegi empat, berwarna coklat terang di atas dasar berwarna krem Timur Sudan, timur laut Kongo
Jerapah Rothschild Bercak berbentuk persegi empat dengan gradiasi warna latar krem di bagian pinggir Uganda, Kenya bagian tengah sampai timur

Pertanyaan Umum tentang Jerapah

Apa yang dimaksud dengan jerapah?

Jerapah adalah mamalia berkuku genap endemik Afrika yang hidup di darat. Mereka merupakan hewan tertinggi yang ada di bumi.

Berapa banyak subspesies jerapah?

Jerapah memiliki sembilan subspesies yang dibedakan berdasarkan perbedaan warna dan pola bercak pada tubuh mereka.

Bagaimana habitat jerapah?

Habitat jerapah mencakup daerah yang luas, mulai dari Chad sampai Afrika Selatan.

Apa hubungan jerapah dengan rusa dan sapi?

Jerapah adalah kerabat dekat rusa dan sapi, meskipun termasuk dalam suku Giraffidae yang juga mencakup okapi.

Apa bercak karakteristik dari jerapah Somalia?

Jerapah Somalia memiliki bercak berwarna coklat muda kemerah-merahan yang dikelilingi oleh garis berwarna putih terang, membentuk pola poligon seperti jala yang besar-besar.

Apa habitat dari jerapah Angola?

Jerapah Angola menghuni habitat di Angola dan Zambia.

Apa bercak khas pada jerapah Kordofan?

Jerapah Kordofan memiliki bercak kecil dan tidak teratur, termasuk pada kaki bagian dalam mereka.

Apa ciri khas bercak jerapah Masai atau Jerapah Kilimanjaro?

Jerapah Masai atau Jerapah Kilimanjaro memiliki bercak berbentuk seperti daun anggur, berwarna coklat tua dengan pinggiran yang tidak rata dan dikelilingi oleh garis berwarna kekuningan.

Dimana jerapah Nubia biasa ditemui?

Jerapah Nubia biasa ditemui di bagian timur Sudan dan timur laut Kongo.

Apa bercak unik pada jerapah Rothschild?

Jerapah Rothschild memiliki bercak berbentuk persegi empat dengan gradiasi warna latar berwarna krem di bagian pinggir.

Kesimpulan

Jerapah adalah makhluk yang menakjubkan dalam dunia satwa. Dengan tinggi dan keanggunannya, mereka memikat hati kita. Jerapah memiliki sembilan subspesies dengan perbedaan warna dan pola yang menarik. Habitat mereka meluas dari Chad sampai Afrika Selatan. Jerapah adalah kerabat dekat rusa dan sapi tetapi termasuk dalam suku yang berbeda, yaitu Giraffidae yang juga mencakup okapi. Semoga artikel ini memberikanmu wawasan baru tentang pengertian jerapah dan keindahan yang mereka miliki.

Selain membaca artikel ini, mari juga baca artikel menarik lainnya tentang kehidupan jerapah:


You May Also Like

About the Author: administrator