Pengertian Perawat Menurut Para Ahli







Pengertian Perawat Menurut Para Ahli

Sobat, dalam dunia kesehatan, perawat memegang peran penting dalam memberikan perawatan dan layanan kesehatan kepada pasien. Para ahli di bidang ini telah memberikan berbagai pengertian tentang perawat dan peran mereka. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa definisi perawat menurut para ahli, memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pentingnya perawatan keperawatan dalam sistem kesehatan, dan menjelaskan peran serta tanggung jawab perawat dalam praktek sehari-hari.

Definisi Perawat Menurut Para Ahli

Florence Nightingale (1895)

Florence Nightingale, yang sering dianggap sebagai bapak keperawatan modern, mendefinisikan perawatan keperawatan sebagai ilmu dan praktik yang bertujuan untuk memperbaiki dan mengatur lingkungan fisik dan alam untuk penyembuhan pasien.

Dorothy E. Johnson (1968)

Dorothy E. Johnson mengembangkan teori sistem perilaku yang berhubungan dengan keinginan individu untuk keseimbangan dan stabilitas dalam lingkungan internal dan eksternal mereka.

Martha Roger (1970)

Profesor Martha Roger mendefinisikan keperawatan sebagai ilmu humanistik yang menggambarkan manusia sebagai makhluk holistik dengan prinsip-prinsip dasar pengetahuan praktis.

Dorothea Orem (1971)

Dorothea Orem menyampaikan bahwa keperawatan adalah pelayanan kepada manusia berpusat pada kebutuhan perawatan diri dan manajemen kehidupan dan kesehatan yang berkelanjutan.

Callista Roy (1976)

Menurut Callista Roy, keperawatan adalah model bagi individu untuk meningkatkan kesehatan mereka dengan menjaga perilaku adaptif dan mengubah perilaku maladaptif.

Myra E Levine (1973)

Myra E Levine menggambarkan perawatan keperawatan sebagai makhluk hidup terpadu yang berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungannya.

Virginia Henderson (1978)

Pengertian perawat menurut Virginia Henderson mencakup berbagai aktivitas untuk membantu individu, baik yang sehat maupun yang sakit, melalui berbagai kegiatan untuk mendukung penyembuhan dan proses kesehatan.

Lokakarya Keperawatan Nasional (1983)

Lokakarya Keperawatan Nasional menyatakan bahwa keperawatan adalah layanan kesehatan profesional yang merupakan bagian integral dari layanan kesehatan berbasis bukti, dengan perawatan bio-psikososial-spiritual yang komprehensif bagi individu, kelompok, keluarga, dan komunitas.

Jean Watson (1985)

Jean Watson mendefinisikan keperawatan sebagai ilmu keperawatan yang manusiawi, mengintegrasikan pengetahuan empiris dengan estetika, humaniora, dan keterampilan.

Betty Neuman (1989)

Betty Neuman mengungkapkan bahwa perawatan keperawatan adalah tindakan yang membantu individu, keluarga, dan kelompok menjaga tingkat kesehatan dan stabilitas maksimum dengan mengurangi stres.

Imogene M King (1990)

Imogene M King mengartikan keperawatan sebagai proses interaksi dan pencapaian tujuan melalui transaksi antara individu.

Organisasi INC (2002)

Menurut organisasi INC, keperawatan merujuk pada perawatan mandiri dan kolaboratif bagi individu dari segala usia, kelompok, keluarga, dan komunitas, baik yang sehat maupun yang sakit, di berbagai pengaturan. Ini mencakup pencegahan penyakit, promosi kesehatan, perawatan bagi mereka yang sakit, tidak mampu, dan kritis.

Organisasi ANA

Menurut American Nurses Association (ANA), keperawatan adalah perlindungan, promosi, optimalisasi kesehatan dan kemampuan, pencegahan penyakit dan penderitaan melalui proses diagnosis dan pengobatan, serta advokasi untuk pelayanan kesehatan bagi individu, keluarga, komunitas, dan populasi.

Tabel Perbandingan Definisi Perawat Menurut Para Ahli

Para Ahli Definisi
Florence Nightingale (1895) Ilmu dan praktik keperawatan untuk perbaikan dan pengaturan lingkungan bagi penyembuhan pasien.
Dorothy E. Johnson (1968) Keinginan individu untuk keseimbangan dan stabilitas dalam lingkungan internal dan eksternal mereka.
Martha Roger (1970) Manusia sebagai makhluk holistik dengan prinsip dasar pengetahuan praktis.
Dorothea Orem (1971) Pelayanan kepada manusia berpusat pada kebutuhan perawatan diri dan manajemen kehidupan dan kesehatan yang berkelanjutan.
Callista Roy (1976) Model bagi individu untuk meningkatkan kesehatan mereka melalui perilaku adaptif.
Myra E Levine (1973) Makhluk hidup terpadu yang berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungannya.
Virginia Henderson (1978) Perawatan individu, baik yang sehat maupun sakit, untuk mendukung penyembuhan dan kesehatan.
Lokakarya Keperawatan Nasional (1983) Perawatan bio-psikososial-spiritual komprehensif bagi individu, kelompok, keluarga, dan komunitas.
Jean Watson (1985) Ilmu keperawatan yang manusiawi dengan integrasi pengetahuan empiris, estetika, humaniora, dan keterampilan.
Betty Neuman (1989) Pemeliharaan kesehatan dan stabilitas individu, keluarga, dan kelompok melalui pengurangan stres.
Imogene M King (1990) Interaksi dan pencapaian tujuan melalui transaksi antara individu.
Organisasi INC (2002) Perawatan mandiri dan kolaboratif bagi individu, kelompok, keluarga, dan komunitas di berbagai pengaturan.
Organisasi ANA Perlindungan, promosi, optimalisasi kesehatan dan kemampuan, serta advokasi pelayanan kesehatan.

Frequently Asked Questions

Apa itu perawat?

Perawat adalah seseorang yang telah dilatih untuk memberikan perawatan kepada individu yang sakit atau terluka. Mereka bekerja sama dengan profesional kesehatan lainnya untuk meningkatkan kesehatan pasien.

Apa yang dimaksud dengan keperawatan?

Keperawatan adalah profesi yang membutuhkan pelatihan dan pendidikan khusus. Perawat bekerja di berbagai setting, termasuk rumah sakit, klinik, dan komunitas, dan mereka juga dapat memberikan perawatan di rumah.

Apa tugas-tugas seorang perawat?

Tugas perawat dapat bervariasi tergantung pada spesialisasi mereka, tetapi secara umum meliputi perawatan pasien, promosi kesehatan, administrasi obat, dan koordinasi perawatan dengan profesional kesehatan lainnya.

Apa saja jenis perawat yang ada?

Ada beberapa jenis perawat, termasuk perawat terdaftar atau Registered Nurse (RN), praktik lanjut perawat terdaftar atau Advance Practice Registered Nurses (APRN), dan perawat praktis berlisensi atau Licensed Practical Nurses (LPN).

Apa itu proses keperawatan?

Proses keperawatan adalah metode ilmiah yang digunakan untuk memberikan perawatan komprehensif dan individual kepada pasien. Ini terdiri dari lima langkah: penilaian, diagnosis, hasil dan perencanaan, implementasi, dan evaluasi.

Kesimpulan

Perawat memegang peran krusial dalam sistem kesehatan dan memberikan perawatan ahli mulai dari lahir hingga akhir kehidupan. Definisi perawat menurut para ahli telah membantu memperluas pemahaman tentang peran dan arti penting profesi ini. Setiap definisi mencerminkan nilainya sendiri dan memberikan wawasan yang berharga tentang karakteristik kunci profesinya. Kamu dapat merujuk pada tabel perbandingan untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang definisi perawat menurut para ahli.

Ayo terus menjelajahi artikel-artikel menarik lainnya untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang dunia kesehatan dan perawatan yang sangat penting bagi kita semua.

Sumber:

Artikel Terkait:


You May Also Like

About the Author: administrator