Pengertian Traveling dalam Bola Basket: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Sobat, apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas secara komprehensif tentang pengertian traveling dalam bola basket. Sebagai seorang yang memiliki pengalaman dalam dunia bola basket, Anda mungkin sudah familiar dengan istilah ini. Namun, penting untuk memahami dengan baik apa itu traveling dan bagaimana aturan-aturannya dalam permainan ini. Mari kita lanjutkan!

1. Pengertian Traveling

Secara sederhana, traveling adalah pelanggaran yang terjadi ketika seorang pemain bola basket bergerak dengan bola di tangan mereka tanpa melakukan dribble terlebih dahulu. Aturan ini diterapkan untuk mencegah pemain memanipulasi bola dengan cara yang tidak adil dan memberikan kesempatan yang setara bagi semua pemain.

Dalam peraturan FIBA dan NBA, ada beberapa pengertian resmi tentang traveling yang harus dipahami para pemain:

  • Seorang pemain diperbolehkan melakukan dua langkah setelah berhenti dribble atau setelah menerima bola di tangan mereka. Jika pemain tersebut melanggar aturan ini dan mengambil lebih dari dua langkah, maka akan dianggap melakukan traveling.
  • Jika seorang pemain sudah mulai dribble, mereka tidak bisa menghentikan dribble, menyimpan bola di tangan mereka, dan kemudian melanjutkan dribble lagi. Hal ini juga akan dianggap sebagai pelanggaran traveling.
  • Seorang pemain tidak boleh mengangkat kaki mereka dari lantai sebelum melakukan dribble. Jika mereka melakukannya, maka akan dianggap melakukan traveling.

Jadi, pengertian traveling dalam bola basket adalah pelanggaran yang terjadi ketika seorang pemain melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan terkait dengan pergerakan bola dan perawatan bola.

2. Mengapa Traveling Dilarang?

Ada beberapa alasan mengapa traveling dilarang dalam permainan bola basket:

  1. Traveling memberikan keuntungan yang tidak adil bagi pemain yang melakukannya. Dengan mengambil lebih dari dua langkah atau menghentikan dribble dan melanjutkannya lagi, pemain akan dapat menghindari pemain bertahan dan mencetak poin dengan lebih mudah.
  2. Traveling mengganggu keseimbangan permainan dan mengurangi elemen strategis yang ada. Aturan traveling memastikan bahwa semua pemain menggunakan teknik dan keterampilan yang sama dalam mengolah bola dan bergerak di lapangan.
  3. Pengaturan aturan traveling di dunia bola basket memungkinkan pertandingan menjadi lebih terstruktur dan memberikan kesempatan yang adil bagi kedua tim untuk bersaing secara kompetitif.

3. Bagaimana Cara Menghindari Pelanggaran Traveling?

Untuk dapat menghindari pelanggaran traveling dalam bola basket, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Setelah menerima bola atau menghentikan dribble, pastikan untuk tidak mengambil lebih dari dua langkah sebelum melakukan dribble lagi atau melepaskan bola. Hitung langkah Anda dan pastikan tidak melebihi batas yang ditetapkan.
  • Jaga keseimbangan dan pastikan untuk tidak mengangkat salah satu kaki Anda sebelum melakukan dribble. Jika Anda telah menghentikan dribble, pastikan untuk melepas bola sebelum mengangkat kaki.
  • Ketahuilah peraturan traveling yang berlaku di liga atau turnamen tempat Anda bermain. Aturan traveling mungkin memiliki sedikit perbedaan tergantung pada regulasi yang diterapkan.
Jenis Pelanggaran Traveling Aturan Pelanggaran
Traveling sederhana Lebih dari dua langkah setelah menerima bola atau berhenti dribble
Drag Step Menghentikan dribble, mengangkat kaki, dan melanjutkan dribble lagi
Pivot Travel Mengangkat kaki pivot dan melangkah sebelum melakukan dribble

Frequently Asked Questions (FAQs)

1. Apa yang dimaksud dengan traveling dalam bola basket?

Traveling adalah pelanggaran yang terjadi ketika seorang pemain bergerak dengan bola di tangan mereka tanpa melakukan dribble terlebih dahulu.

2. Apa saja konsekuensi dari melakukan traveling dalam permainan bola basket?

Jika seorang pemain melanggar aturan traveling, maka mereka akan diberikan pelanggaran dan permainan akan dilanjutkan dengan metode yang sesuai, seperti lemparan bebas atau perubahan posisi pemain.

3. Apakah melakukan spinning move dan melakukan lebih dari dua langkah termasuk sebagai traveling?

Tidak, spinning move adalah gerakan legal dalam permainan bola basket selama pemain masih memiliki satu kaki yang menjadi pivot foot. Pemain dapat melakukan gerakan spinning move dengan melepaskan bola sebelum mengangkat kaki pivot mereka.

4. Bagaimana peraturan traveling di liga NBA?

Peraturan traveling di liga NBA mengikuti peraturan FIBA, dengan sedikit penyesuaian pada beberapa situasi khusus. Sebagai contoh, NBA mengizinkan para pemain untuk mengambil langkah darurat jika mereka kehilangan keseimbangan.

5. Apakah traveling diperbolehkan dalam permainan bola basket jalanan (streetball)?

Pada umumnya, traveling tidak diperbolehkan dalam permainan bola basket jalanan. Namun, aturan dapat bervariasi tergantung pada aturan yang disepakati oleh pemain dan tim yang bermain.

6. Apakah traveling sama dengan langkah lambung (jump stop)?

Tidak, traveling dan langkah lambung (jump stop) adalah dua konsep yang berbeda. Langkah lambung melibatkan melompat ke udara sebelum mengambil dua langkah yang diperbolehkan setelah menerima bola atau menghentikan dribble.

7. Apakah pemain dapat melanggar aturan traveling jika mereka telah diberikan tekanan bertahan yang kuat?

Secara umum, aturan traveling berlaku untuk semua pemain, terlepas dari tekanan bertahan yang mereka terima. Pemain masih harus mematuhi aturan tentang jumlah langkah yang diperbolehkan setelah menerima bola atau menghentikan dribble.

8. Apakah traveling diberlakukan dengan ketat dalam permainan bola basket?

Ya, traveling adalah salah satu pelanggaran yang diberlakukan dengan ketat dalam permainan bola basket. Aturan ini dirancang untuk menjaga integritas dan keseimbangan permainan.

9. Bagaimana cara wasit menentukan apakah ada pelanggaran traveling atau tidak?

Wasit akan menggunakan pengalaman dan penilaian mereka untuk menentukan apakah ada pelanggaran traveling. Mereka akan memperhatikan gerakan pemain, jumlah langkah, dan apakah dribble telah dihentikan atau tidak.

10. Apakah aturan traveling sama di seluruh dunia?

Pada dasarnya, aturan traveling dalam bola basket serupa di berbagai liga dan kompetisi di seluruh dunia. Namun, ada sedikit perbedaan dalam interpretasi dan penegakan aturan di setiap negara atau liga.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian traveling dalam bola basket. Mengetahui aturan dan konsep dasar traveling sangat penting agar dapat bermain dengan fair dan menjaga keseimbangan dalam permainan. Ingatlah untuk selalu memahami aturan traveling di liga atau turnamen yang Anda ikuti, dan berlatihlah teknik dan keterampilan yang berkaitan dengan penggunaan bola dengan benar.

Jika Anda ingin memperdalam pengetahuan Anda tentang bola basket, jangan ragu untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya dari kami:

Artikel 1

Artikel 2

Artikel 3

You May Also Like

About the Author: administrator